image1 image2

BUBURBULATです |WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|数学と芸術が大好き

PPL bagian 1

Semester 8 ini saya hanya mengontrak mata kuliah PPL, Skripsi dan Sidang, dengan sebagian besar waktu saya habiskan di sekolah untuk PPL. PPL adalah praktik mengajar di sekolah, dimana kita bisa mengaplikasikan semua ilmu-ilmu kependidikan yang telah diterima selama perkuliahan. Ketika pembagian tugas mengajar dengan guru pamong dan dua rekan saya yang sama-sama berasal dari jurusan Pendidikan Matematika, saya ditempatkan di kelas X MIA 1-5 untuk mengajar Matematika Peminatan.

Pada awal-awal PPL, saya diberi kesempatan untuk lebih dulu melihat guru pamong mengajar, baru setelah 3 kali melihat guru pamong mengajar barulah diberi kesempatan untuk tampil mengajar di depan kelas. Hari pertama saya tampil mengajar adalah di kelas X MIA 5 dan dilanjutkan jam selanjutnya di kelas X MIA 2. Pada awalnya terasa canggung mengajar di depan kelas, meskipun sebelumnya diawali dengan perkenalan. Namun semakin banyak tampil di depan kelas, makin terbiasa dan makin lepas dalam mengajar dan puncaknya pada saat ujian PPL.

Banyak sekali pengalaman-pengalaman yang berharaga yang dapat saya jadikan pelajaran untuk ke depannya, sebagai bekal dalam  mengajar siswa-siswi saya dimasa yang akan datang. Disaat teman-teman saya di sekolah lain merasa senang dengan hanya diberi tugas mengajar 1 atau 2 kelas. Saya justru senang diberi 5 kelas. Karena dengan mengajar di 5 kelas, kita menghadapi kelas dengan karakter yang berbeda-beda. Ada kelas yang pada saat saya menerangkan pelajaran hening memperhatikan, ada juga kelas yang ribut nggak jelas, ada kelas yang ribut berdiskusi dll.

Pada akhir kegiatan PPL, saya belum sempat berfoto bersama-sama semua murid yang sudah jadi murid pertama saya. Hanya dengan kelas X MIA 1 dan beberapa siswa yang sempat berfoto dikarenakan  ketika akhir-akhir, sudah banyak terganggu dengan libur-libur. Di akhir pertemuan dari setiap kelas, saya meminta menuliskan kesan pesan selama diajar oleh saya , agar saya dapat memperbaiki kualitas mengajar saya di masa yang akan datang. Berikut saya tuliskan kesan pesan dari setiap siswa agar bisa tetap tersimpan.

"Rame pa tapi kayanya bapa terlalu lembut, kerasin aja pa MIA 1 mah hehe... Semangat S2nya Pa!!"

"SUKSES SELALU, PAK!"

"PA BURHAN!!!! Makasih udah masuk MIA 1 yeee (y) Bapa rame, sabar, ngajarinya enak. Maafin suka ga fokus terus suka ga perhatiin hehe. Sukses terus ya :)"

" Bapa terima kasih atas jasanya. Bapa kacamatanya ganti ya. Bapak soal-soalnya jangan susah ya Pa. Bapa ngajarnya lebih tegas ya Pa. Bapa ajarin aku Matematika lagi :( kurang ngerti matematika"

"Selama bapa ngajar di MIA 1 baik banget. Pembawaannya kalem banget. Bapa maafin kelas kita ya pa kalau ada yang gaenak di bapanya. Semangat mengajar terus Pa Burhan / Om Bubur!!!"

"Pa Burhan Baik, yeay!!!! Semangat!!!!"

"Kesannya rame kalo belajar sama bapak padahal matematika itu membosankan."

"Belajar sama Pak Burhan rame, woles, ngerti, tapi Pak Burhan terlalu baikkkkk banget, jadi kitanya agak nakal. Sebaiknya Pak Burhan lebih tegas, "agak galak gitu". hehe tapi selebihnya Pak Burhan The Best, jadi guru tetap aja Pak -,- sampe 3 tahun aku keluar huhu... Sukses selalu Pak!!!! Makasih banyak atas ilmu yang bermanfaatnya Pak! =) tebak pak ini siapa?"

"Rame, pendiem, baik, kacamatanya CETAR! Instagramnya on terus ya! sama twitter juga"

"Terima kasih atas kerja kerasnya"

"BAPA BAIK BANGET!!!! maafin kita yang gasuka merhatiin :( SUKSES S2nya ta paa.... Tetap semangat. Sekali lagi maafin kita :) Pokoknya bapa ngajarnya bagus + ngerti. mia 1 <3 bapa="" p="">
"Maafin aku ya kalo aku juga punya salah sama bapa, pernah nakal atau cerewet atau makan atau dengerin lagu atau apapun, maaf ya.... Bapak baik banget, ngajarnya juga bagus, cuma bapa teh kalo pake baju jangan terlalu formal, keliatannya aneh dan gaenak aja diliatnya. Goodluck buat skripsinya, ujiannya dan segalanya dalam hidup bapaaa :) dari murid bapa yang paling cantik"

"Pak Ayam Bakar, Bapak baik, sabar, rame jugaaa.... Jangan kapok sama MIA 1 ya Pak, maafin kita kalau sempat bikin bapa ga enak hehe Makasih banyak ya paaaak...."

"Pak Burhan baik, gapernah marah, gayanya keren, kaya burung hantu kacamatanya lucu, ngerti sama pelajarannya, sukses ya pa, semoga jadi guru!"

"Bagus pak. Belajarnya nyante tapi materinya tersampaikan. Sukses Pak !"

"I <3 buburbulat="" p="" pak="" u="">
"Bapak Burhanuddin Latif, Bapak Bubur Buat, Makasih Pak..., Kacamatanya anti mainstream pisan ya pak ... Hood Luck Bapak, semoga cepet lulus pak, dengan IPK tertinggi ya ... Kalau dapet IPK tertinggi traktir ya :))"

"Bapa calon orang hebat"


"ga pernah liat jajan. ngelucu dikit dong. pingin liat cerewet dan maceuh. murahin lagi senyum n riangnya. Kalau sama siswa jangan baik-baik. Guru tegas dan galak lebih menantang."


"Bapak itu sangat selow, mau nulis aja harus benerin kacamata, tulisannya bagus, kacamatanya ungu. Mengajarnya sangat santai. Semoga sukses selalu ya pak. Keep woles aja. Kalo udah jadi guru jangan galak. Maaf kalo aku & MIA 2 bikin bapak kesel. Makasih, ya Pak!"

"Bapak baik pisan, tugasnya gak terlalu banyak, tapi ulangannya susah ): Semangat terus pak \^o^/"

"Bapa guru yang super baik, super sabar pokoknya, bapa guru yang enakeun banget pa. Bapa ngajar di 2 ya paaa. Semoga bapak sukses selalu"

"Diajar sama bapak itu enak. Tapi banyak banget tugasnya -_-. Sama kalo ngasih soal ulangan susah. Sukses ya pak!"

"Ya, bapak itu guru PPL yang paling nyambung sama aku gatau kenapa. haha -_-. Pak Burhan baik sekali, ga paham pernah ga tidur pas ujian =)). Pak Burhan mirip Beetee yang di catching fire wkwk. Kata Nico sih bapak suka warna hitam ._. Yang aku tau Bapak suka karikatur. Pak Burhan teh enak diajak ngobrol, kalo ngejelasin juga masuk otak :| Pak Burhan cinta matematika karena Allah wkwk. Pak Burhan tuh keliatannya simpel pisan, tapi ternyata dia pake tempat pensil yang tulisannya i-popo =D. Gatau kenapa i-popo ngakak aja didengernya apalagi kalo yang ngomongnya pake suara bocah wkwk. Pak Burhan itu the best deh. Kalo ulangan baik, boleh pake pensil, tapi kalo marah serem kayaknya. Bapak teh ketua PPL yah? =))) Gaul deh Pak! Apalagi ya pak? Banyak sih yang belum ditulis tapi males -_- yaudah ya Pak segitu aja dulu. Sukses S2nya!! Matematika menunggu=p Semoga sering-sering bilang Eureka!"

"Hanya do'a yang dapat saya berikan untuk bapak semoga bisa menjadi pengajar yang baik dan sholeh. Semoga bisa sukses dunia dan akhirat. Do'a dari X  MIA 2 selalu menyertai bapak"

"Bapak baik bangeeeett gewla HAHA. Sukses trs buat bapa, selamat jadi sarjana. JANGAN LUPAKAN X MIA 2 2013/2014 makasih udah ngajarin kita!!! "

"Bapak teh baik banget tapi kitanya kurang ajar :( Maafin ya pak :( Sama-sama pak (?) KEEP SMILE aja pak :')"

"Bapak baik banget gapernah marah, bapak ganteng, bapak kalo ngajar enakeun. Semoga bapak juga sukse nanti."

"Orangnya baik banget, pinter, sabar juga ngadepin kita-kita. Makasih ya pak udah ngajarin kita. Harus murah senyum pak :p Semangat, jangan lupain kita"

"Pa yah, kata akumah enak ya kalo kata aku sih yes. Tapi pa tugasnya meuni banyak pisan, You dont know me so well T_T. Tapi enak kok, semangat pa bubur!"

"Bapak itu selalu stay cool and lovely. Haha. Selalu sabar meskipun pada ga merhatiin. Ah dunno mau nulis apalagi. Pokoknya semoga Bapak dapet jodoh yang sesuai keinginan. Sukses jadi gurunya. Sukses S2nya. Semoga ilmu yang Bapak berikan bermanfaat. Amin. Bravo, jangan lupa sama kita ya"

"Semangat terus ya Pak kuliahnya. Maksi ya udah bantu kita-kita belajar."

"Semoga Bapak menjadi guru yang baik ya Pak. Bapak ngajarnya udah keren Pak walaupun banyak yang nggak merhatiin. oh iya pak sekalian pak jangan lupa nambahin nilai saya pak"

"Pa Burhan, kalo ngajarin matematika materinya jangan yang susah-susah =(. Jangan pembuktian teori, dalil yang kaya gitu. Da di matematika mah jadinya lieur =(( Semangat ya pak jadi guru matematikanya. Hahaha"

" Menurut saya Bapa Burhanuddin Latif tuh baik pisun! ngajarnya santai tapi mudah dimengerti. Walaupun jarang-jarang senyum, tapi bisa ngebuat muridnya seneng!. Semoga kedepannya Bapa makin SUKSES!"

"Hai Bapak, Bapak tuh rame, baik banget, terus pengertian, solid sama Ilham, kata Ilham mirip beetee. Keep Smile."

"Bapak makasih pisan udah mau ngajarin aku! Bapa teh enak pisan ngajarnya kalem, terus kalo ulangan ga bikin deg-degan. Pokoknyamah enak pisan diajarin bapak teeh! Pokoknya bapak gaboleh lupa sama aku yaa. Semoga bapak sukses terus, makin segalanya terus semoga kalo jalan dan gerak ga lambat wkwk. Sukses terus pa bubur bulaat. Follow aku ih."

"Belajarnya asik pak, cuma jangan terlalu serius kalo lagi ngajar biar enjoy + mangstap."

"Mantap pa belajarnya seru. Ditunggu pa makan-makannya."

"Harus lebih kondusif ketika belajar. Mungkin lebih tegas lagi ya jangan terlalu diem."

"Bapa itu diliat dari luar kaya pendiem tapi gatau aslinya. Terus kalo ngajar suaranya keil. Tapi pelajarannya lumayan tersampaikan lah.... Semoga bapa bisa lulus dengan nilai yang bagus, semoga bisa sukses kedepannya, doain kita juga ya pak!. Jangan lupain anak-anak X MIA 3."

"Tesekkur ederim ogretmenim!. Pak BurBur! Maafin yaa anak MIA 3 Ribut terus di kelasnya!! tapi gitu-gitu anak-anak sekarang jarang remed dan bagus-bagus nilainya, makasih ya pak, bapa ngasih nilainya ga pelit. Kita doain terus ya pak, semoga kedepannya bapak makin sukses, makin lancar & tercapai cita-citanya."

"Mantap pisan belajarnya woles, tapi mengerti termasuk guru termantap PPL bersama pa Taufan dan pa Tedi."

"Makasih ya pak udah ngajar selama di MIA 3. Maafin kesalahan anak MIA 3 Pak Semoga sukses selalu. Jangan teralu kalem ya pak."

"Makasih Bapak Bubur. Maaf ya kalau saya suka remed terus. Good Luck!!!"

"Pak makasih banget udah mau ngajarin kita dengan sabar. Pokoknya sukses terus buat bapak."

"I love u pak"

"Bapak ngajarnya bagus. Kalau ditanya juga ramah dan nerima pertanyaan saya + teman yang lain. Bapak kalau bisa ngajarnya lebih bagus dan kalau bisa sering-sering ke sini."

"Semangat, pa! moga makin sabar ngadepin anak-anak kayak kita  ya . .. hehe (ovo)7 sebagai guru bapa baik banget, sabar ngadepin kelas walau saya yakin banyak orang yang nahan-nahan diri keinginan untuk nabok anak-anak. Wish you all the best sir!"

"Bapa ketua PPL!!!. Doain kita sukses ya. SUKSES BAPA MIB. Bapa sabar teuing. BAIK. Tapi kadang kalo bapa jelasin kurang ngerti. RAJIN. Kurang akrab sama kita."

"Rame belajarnya ga terlalu serius mantap pokoknya."

 "Pa burbur! Hihi makasih banyak udah ngajarin kita matematika yang sebenernya ga suka-suka banget sih. Semoga sukses terus ya, nilainya bagus, kan bapa ujian di kelas kita. Pa follback IG aku hihi. We will miss you pa Burhan!! Makasih udah baik banget =)"

"Halo pak! jujur aku kadang emang suka rada woles pas di pelajaran bapa, tapi nuhun pisan buat ilmunya. Sukses terus pak!!"

"Nuhun pisan pak atas ngajar di kelas MIA 4 ._. Nanti mah jadi guru disini we pak + semangat dapetin bu Tria pak"

"BAPAAA! makasih banget buat semuanya udah sabar ngajarin kita & bikin kita ngerti pelajaran mat minat akhirnya hehe pokoknya sukses selalu ya pak"

"BAPA! Makasih udah ngajar di MIA 4. Makasih udah sabar di kelas... Oiya pak, jangan terlalu kaku jadi orang, jangan kayak pertama bapa ngajar. Mending kaya sekarang pa..."

"Terimakasih Pa! atas jumat-jumatnya! Semoga sukses selalu. Doa MIA 4 menyertaimu."

"Matur suwun Pak! Maaf kalau selama ini sering ribut, tapi yang penting materi yang bapak sampaikan bisa dipahami hehe... FORZA MILAN FORZA INTER"

"Pa Burhannn!!! Terimakasih banyak udah mau sabar banget menghadapi kita-kita yang susah banget diatur... Terimakasih juga ilmunya ya =) Makin sukses !!!"

"Makasih banyak paa! semoga bapa makin sukses, berjaya dan dilancarkan jadi gurunya! Jangan lupain kita ya pak HEHE."

"Bapa thankyou banget udah ngajar beberapa bulan ini. Makin sukses ya pa!"

Makasih banyak banget  sekali udah sabar ngajarin kita, ga pernah marah, pokoknya the best ! Seneng banget kalo gurunya baik kaya bapa wehehe... Jangan lupa sama kita ya pa ! Sukses terus !! Semoga ngajar kita jadi pengalaman paling berarti buat bapa."

"Semangat terus Pak"

"Tali sepatu pak! Resleting di belakang Pak!"

"Bubur Bulat Lovers"

"HUHA Pak! Matur nuhun buat pelajarannya, sukses terus, maafin kalau ada salah. Kalau nikah undang-undang yak! Semangat \o/"

"Bapak, huhuhuhu terimakasih, udah sabar ngajarin kami, makasih udah mau disusahin. Sukses terus, Pak! Jangan nangis pak."

"AHOY!!! PA BUWHAAN :3 semangat terus pak!! jangan suka malu-malu siput gitu atuh pak HUAHAHAHA. Makasih pak udah sabar banget di MIA 4. Poknya bapak kudu semangat ntar! oke Pak? Jangan jaim ya pak. . . BAPAK PASTI KANGEN SAYA DA HAHAHAHAHAHAHA"

"Pak makasi banyak udah mau sabar ngajar MIA 4. Sukses terus ya! Jangan malu-malu gitu pak. Kalau nikah harus undang-undang kita ya."

"Awas tali sepatu pak"

 "Bapa!!! makasi udah gajarin kita sabar banget sampe ngerti dan ulangan bagus-bagus sukses terus pak."

"Bapa, makasih udah ngajarin kita. Semoga Bapak sukses terus, Aamiin. Kita jadi ngerti Mat-minat karena diajarin bapak. HEHE. Semoga dilimpahi rizki yang barokah . Aamin"

"Bapaaa!! Makasih banget buat peajarannya, dan kesabarannya ngajar di kelas ini :) Sukses terus ya bapaa! Jangan ketagihan fanboy-ing SNSD sama AKB48 :p"

"Makasih Pa!! Yang terbaik buat bapak #wegoagain"

"Terima kasih Pa Burhan. Jadi theateran gak?"

"Bapa buburbulat! selamat ya udah lulus sekarang udah bisa ngajar sebagai guru yang LUAR BIASA! I hope you'll find the great place to teach your awesome students like us! Do your best! Love you"

"TERIMAKASIH PA. UDAH MAU NGAJAR DI X MIA 4. JANGAN LUPA BUKA BOCAHTENGIL.COM"

"Makasih atas ilmunya Pak, Tapi usahakan waktu ngajar lebih tegas, suaranya tambah keras dan lebih inovatif . Terima Kasih Banyak."

"God Blessed You Sir!!!"

"Pa, makasih udah ngajarin kita sampe ngerti parah sama mat minat! Dulu ulangan mat  minat saya pas-pasan KKM, setelah diajar sama Bapak jadi makin ngerti :) IT REALLY WORKS NUHUN NYA! Semoga sukses di masa depan AAMIIN!"

"Bapaa, makasih banyak udah ngajarin kita sekarang ini. Gak pernah marah, pokoknya sabar banget ! Sukses ya pak."

"Pa Burhan terus seperti Azka ya"

"Makasih Bapa udah sabar banget ngajarin kita, mudah-mudahan ke depannya sukses ya pak"


Terima kasih atas saran dan doanya. Semoga kalian semua sukses. Menjadi penerus dan pelurus bangsa ini.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment