image1 image2

BUBURBULATです |WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|数学と芸術が大好き

Jangan ikuti apa yang tidak kamu ketahui

Budaya dan agama adalah sesuatu yang berbeda. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, agama adalah ajaran, sistem yg mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kpd Tuhan Yang Mahakuasa serta tata kaidah yg berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia serta lingkungannya. Sedangkan budaya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pikiran, akal budi. Namun budaya dan agama saling berkaitan, karena budaya bisa merupakan hasil pikiran manusia yang bersumber dari agama. 


Budaya yang ada pada saat ini tidak semuanya berasal dari satu agama, melainkan juga ada yang bersumber dari agama lainnya. Sebagai seorang muslim, tentu kita harus berhati-hati dalam bertindak dalam mengikuti suatu budaya tertentu. Kita harus terlebih dahulu mengetahui asal-usul kebudayaan tersebut apakah berasal dari agama Islam, atau dari agama lain, atau bahkan budaya yang diciptakan untuk merusak Islam. 
Dalam Islam terdapat beberapa hadits yang menyebutkan bahwa jika kita mengikuti suatu kaum, maka kita termasuk kaum tersebut.

مَنْ تَشَبَّهَ بِقَوْمٍ فَهُوَ مِنْهُمْ

“Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka.”(HR. Ahmad dan Abu Daud)

لَيْسَ مِنَّا مَنْ تَشَبَّهَ بِغَيْرِنَا

“Bukan termasuk golongan kami siapa saja yang menyerupai selain kami” (HR. Tirmidzi; hasan)
Oleh karena itu akan lebih baik jika kita tidak mengikuti hal-hal yang dikhawatirkan merusak keimanan kita sebelum kita mengetahui asal-usul hal tersebut. Masih banyak hal yang bermanfaat yang dapat dilakukan.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment