Aliran Psikologi Tingkah Laku
Edward L. Thorndike
Teori
Hukum Kesiapan : Seorang anak akan lebih berhasil belajarnya jika ia telah siap untuk melakukan kegiatan belajar.
Hukum Latihan : Jika hubungan stimulus respon sering terjadi, akibatnya hubungan akan semakin kuat, sedangkan makin jarang hubungan stimulus-respon dipergunakan, maka makin lemah hubungan yang terjadi.
Hukum Akibat : Jika terdapat asosiasi yang kuat antara pertanyaan dan jawaban, maka bahan yang disajikan akan tertanam lebih lama dalam ingatan anak. Banyaknya pengulangan akan sangat menentukan lamanya konsep diingat anak.
Aplikasi di kehidupan
Menggunakan alat peraga untuk menjelaskan konsep tertentu.
Memberi tugas dan latihan untuk penguatan dan hafalan.
Menyusun materi dari yang mudah, sedang hingga sukar sesuia tingkatan kelas dan tingkat ksekolah.
Burhus Frederic Skinner
Teori
Ganjaran atau penguatan mempunyai peranan yang amat penting dalam proses belajar
Aplikasi di kehidupan
Memberi penguatan positif (pujian) atas respon anak yang benar.
Memberi penguatan negative (teguran) terhadap respon anak yang salah.
David Ausubel
Teori
Belajar bermakna dan pentingnya pengulangan sebelum belajar dimulai.
Aplikasi di kehidupan
Mengajar menggunakan
Menjelaskan materi pelajaran dalam bentuk fakta yang lengkap tersusun.
Mengaitkan konsep yang telah dipelajari dengan konsep baru.
Robert Gagne
Teori
Nine events of instructions
Menarik perhatian siswa.
Menyampaikan kepada siswa tentang tujuan pembelajaran.
Menstimulir terlebih dahulu informasi atau pengetahuanyang sudah diperoleh sebelum proses pengajaran.
Menyajikan isi pembelajaran
Menyediakan pedoman atau petunjuk belajar
Memberi kesempatan untuk latihan.
Memberi umpan balik
Melakukan penilaian.
Mengekalkan dan mengembangkan pengetahuan dan kemahiran siswa.
Aplikasi di kehidupan
Mengajukan pertanyaan yang menantang
Menguraikan tujuan pada awal pelajaran.
Bertanya, berdiskusi, melihat gambar, mendengarkan cerita sesuai topik yang dipelajari.
Menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan berbagai metode, pendekatan, strategi dan alat bantu pelajaran.
Menyediakan pedoman petunjuk belajar yang praktis.
Memberi pertanyaan tugas, latihan yang harus dilaksanakan.
Memberi penguatan (memuji)
Melakukan penilaian
Menyediakan kesempatan yang luas bagi siswa untuk memanfaatkan berbagai pengetahuan, sikap, dan keterampilan tersebut dalam situasi yang berbeda.
Ivan Pavlov
Teori
Teori belajar klasik (pembiasaan)
Aplikasi di kehidupan
Memeriksa, menjelaskan, atau member nilai terhadap hasil pekerjaan siswa, agar siswa mengerjakan tugas selanjutnya lebih baik.
Baruda
Teori
Meniru
Aplikasi di kehidupan
Guru harus memberi contoh yang baik dalam hal apapun.
Aliran Psikologi Kognitif
Jean Piaget
Teori
Teori Perkembangan kognitif
-Tahap sensori motor
-Tahap pra operasi
-Tahap Operasi Konkrit
-Tahap Operasi Formal
Aplikasi di kehidupan
Memberikan anak suatu pengalaman yang diperoleh melalui perbuatan fisik dan sensori.
Memperlihatkan kepada anak benda yang sama dalam kondisi yang berbeda.
Memperlihatkan kepada anak karakteristik dua macam kelompok yang berbeda (anak diberi 20 bola kayu, 17 diantaranya berwarna merah)
Memberi latihan kepada anak dengan hal hal yang abstrak (Seorang anak diminta menyelidiki factor factor yang mempengaruhi ayunan bandul)
Jerome Brunner
Teori
alat peraga penting : enaktif-ikonik-simbolik
Belajar matematika akan lebih berhasil jika proses pengajaran diarahkan kepada konsep-konsep dan struktur-struktur.
-Dalil penyusunan
-Dalil notasi
-Dalil kekontrasan
-Dalil pengaitan
Aplikasi di kehidupan
Seorang anak mempelajari konsep perkalian dengan menggunakan garis ilangan untuk memperlihatkan proses perkalian tersebut. Sehingga akhirnya mengetahui bahwa perkalian pada dasarnya merupakan penjumlahan berulang.
Notasi yang diberikan kepada siswa harus setahap demi setahap yang sifatnya berurutan dari yang sederhana hingga notasi yang digunakan dalam pembangunan konsep matematika lanjutan.
Seorang anak perlu diberikan contoh dan bukan contoh yang banyak sehingga seorang dapat dengan jelas menemukan perbedaannya.
Seorang guru harus mengaitkan konsep yang telah dipelajari dengan konsep yang akan dipelajari sehingga siswa tahu kedudukan rumus yang akan dipelajarinya.
John Dewey
Teori
Gestalt: Pendekatan proses
Aplikasi di kehidupan
Mengutamakan pengertian dalam penyajian konsep
Memperhatikan kesiapan intelektual siswa dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Menciptakan kondisi agar siswa siap untuk belajar dengan perasaan senang, tidak merasa terpakasa.
W. Brownell
Teori
Belajar bermakna dan belajar pengertian (pengetahuan awal)
Aplikasi di kehidupan
Memberikan banyak latihan yang diterapkan pada anak dan latihan mengasah otak dengan soal-soal yang panjang dan rumit.
Zoltan P. Dienes
Teori
Permainan
Aplikasi di kehidupan
Penggunaan alat peraga
Van Hiele
Teori
5 tahap belajar geometri
-Tahap pengenalan
-Tahap analisis
-Tahap pengurutan
-Tahap deduksi
-Tahap akurasi
Aplikasi di kehidupan
Menggunakan alat peraga geometri
CONVERSATION
Subscribe to:
Post Comments
(
Atom
)
0 komentar:
Post a Comment