image1 image2

BUBURBULATです |WELCOME TO MY PERSONAL BLOG|数学と芸術が大好き

Pingsan pas Jumatan

Kejadian ini terjadi pada saat saya KKN di Kelurahan Melong. Saya bersama Adit dan Yuza berangkat ke masjid yang tidak jauh dari posko tempat kami KKN. Seperti biasa, pada saat khutbah Jumat kurang menarik dalam hal penyampaiannya, saya seringkali terkantuk-kantuk. Begitupun pada saat itu. Saya terkantuk-kantuk dan baru terbangun ketika iqamah. Saya langsung berdiri dan takbiratul ihram. Namun tiba-tiba saya digotong oleh dua orang dan ditidurkan di tempat yang tidak dipakai shalat Jumat.


Saya: Ada apa ini? Ada apa?

Bapak-bapak: Tadi pingsan ya?

Saya: Eh.. Iya mungkin.
Bapak-bapak: Sudah tiduran saja.

Rupanya saya pingsan ketika mulai shalat. Hal ini juga dituturkan oleh Adit yang berdiri tidak jauh dari saya. Dia melihat saya setelah takbiratul ihram terhuyung-huyung. Akhirnya saya tidak shalat Jumat dan melaksanakan shalat Zuhur di posko. Di posko, Adit seneng banget nyeritain kejadian itu ke teman-teman seposko sambil tertawa.

Seperti dikutip dari blogdokter.net , penyebab dari pingsan diantaranya

  1. Nyeri hebat pada daerah perut.

  2. Saat batuk hebat.

  3. Berdiri dalam satu tempat dengan durasi yang lama.

  4. Beridiri yang terlampau cepat dari posisi berbaring.

  5. Mengalami nyeri atau ketakutan yang hebat.

  6. Perdarahan yang hebat.

  7. Mengalami dehidrasi yang signifikan.

  8. Mengalami penurunan tekanan darah yang cepat.

  9. Mengkonsumsi obat obatan tertentu atau penyalahgunaan narkoba dan alkohol.

  10. Ngos ngosoan.

  11. Mengalami penurunan kadar gula darah.

Nah dalam kejadian ini, sepertinya saya pingsan diakibatkan oleh poin yang ke-4. Namun bukan dari posisi berbaring, melainkan dari posisi duduk yang terlalu lama.

Share this:

CONVERSATION

0 komentar:

Post a Comment